بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani. Artikel-artikel yang disiarkan di sini adalah sebagai rujukan dan simpanan peribadi pemilik blog ini. Kebanyakannya diambil daripada sumber-sumber yang dinyatakan. Segala pendapat dalam penulisan ini adalah pendapat penulis artikel yang sebenar. Jika ada kekeliruan tuanpunya blog ini menyarankan supaya bertanya kepada penulis asal. Semoga memberikan manfaat kepada pembaca.

Monday, March 12, 2012

10 Pembatal Islam




SOALAN :  Apakah pembatal-pembatal Islam?

JAWAPAN: 

'Ketahuilah, sesungguhnya pembatal islam terbesar ada sepuluh perkara:

Pertama:  syirik dalam beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang tiada sekutu baginya, berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:

قال الله تعالى: إِنَّ اللهَ لاَيَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَادُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَآءُ

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. (QS. an-Nisa` :48)

Termasuk syirik adalah menyembelih bukan karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala, termasuk orang yang menyembelih untuk jin atau kubah.

Kedua:  Barangsiapa yang menjadikan perantara di antaranya dan di antara Allah Subhanahu Wa Ta'ala, berdoa dan meminta syafaat kepada mereka niscaya ia menjadi kafir secara ijma'.

Ketiga:  Barangsiapa yang tidak mengkafirkan orang-orang musyrik atau meragukan kekafiran mereka, atau membenarkan kepercayaan mereka niscaya kafir secara ijma'.

Keempat:  Barangsiapa yang meyakini bahwa selain syari'at Nabi Salallahu Alayhi Wassalam lebih sempurna dari pada petunjuknya, atau sesungguhnya hukum selainnya lebih baik dari pada hukumnya , seperti orang-orang yang mengutamakan hukum thaghut di atas hukumnya, maka dia kafir.

Kelima:  Barangsiapa yang membenci sesuatu yang dibawa oleh Rasulullah Salallahu Alayhi Wassalam, sekalipun mengamalkannya, niscaya ia kafir dengan ijma', berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:

قال الله تعالى: ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ كَرِهُوا مَآأَنزَلَ اللهُ فَأَحْبَطَ أَعْمَالَهُمْ

Yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka benci kepada apa yang diturunkan Allah (al-Qur'an) lalu Allah menghapuskan (pahala-pahala) amal-amal mereka. (QS. Muhammad:9)

Keenam:  Barangsiapa yang mengolok-olok sesuatu dari agama Allah Subhanahu Wa Ta'ala, atau pahala-Nya Subhanahu Wa Ta'ala, atau siksa-Nya Subhanahu Wa Ta'ala niscaya ia menjadi kafir, berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:

قال الله تعالى: قُلْ أَبِاللهِ وَءَايَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنتُمْ تَسْتَهْزِءُونَ * لاَتَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُم بَعْدَ إِيمَانِكُمْ

Katakanlah:"Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?". * Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. (QS. Taubah :65-66)

Ketujuh:  sihir, dan termasuk jenis sihir sharf (pengasih, supaya mengasihi) dan 'athf (pembenci, supaya membenci). Maka barangsiapa yang melakukannya atau ridha dengannya niscaya ia kafir. Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:

قال الله تعالى: وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّى يَقُولآ إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلاَ تَكْفُرْ

…sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan:"Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir"… (QS. al-Baqarah:102)

Kedelapan:  Membela orang-orang musyrik dan menolong mereka melawan kaum muslimin. Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:

قال الله تعالى: وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ إِنَّ اللهَ لاَيَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (QS. al-Maidah:51)

Kesembilan:  Barangsiapa yang meyakini bahwa sebagian manusia tidak wajib mengikuti Nabi Salallahu Alayhi Wassalam, dan sesungguhnya ia bisa keluar dari syari'atnya.

Kesepuluh:  berpaling dari agama Allah Subhanahu Wa Ta'ala, tidak mempelajarinya dan tidak pula mengamalkannya, berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:

قال الله تعالى: وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّن ذُكِّرَ بِئَايَاتِ رَبِّهِ ثُمَّ أَعْرَضَ عَنْهَآ إِنَّا مِنَ الْمُجْرِمِينَ مُنتَقِمُونَ

Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Rabbnya, kemudian ia berpaling daripadanya Sesungguhnya Kami akan memberikan pembalasan kepada orang-orang yang berdosa. (QS. Sajdah :22)

Tidak adalah perbedaan pada semua pembatal iman ini di antara bercanda, serius dan takut, kecuali orang yang dipaksa, dan semuanya termasuk bahaya yang besar dan yang paling banyak terjadi.  Seorang muslim harus berhati-hati dan takut darinya atas dirinya, dan berlindung kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dari yang menyebabkan murka-Nya dan kepedihan siksa-Nya. semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberi rahmat kepada Muhammad Salallahu Alayhi Wassalam.

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab – ad-Durarus Saniyah cet/5 (10/91).



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...